PASCASARJANA
Unika SOEGIJAPRANATA



VISITASI PASCASARJANA

 

 

PASCASARJANA UNIKA NGAMEN UPAYAKAN BEASISWA

Bendan Duwur, (16/4)  Gambaran tentang kinerja perguruan tinggi dapat diukur dari status akreditasi yang diperolehnya, upaya yang dilakukan oleh perguruan tinggi meliputi efisiensi, serta relevansi program studi. Unika Soegijapranata dalam pengembangan Program Pascasajana telah mengupayakan hal tersebut, ini terbukti dua Progam Studi Magister Lingkungan dan Perkotaan dan Magister Teknologi Pangan dikunjungai oleh Asesor BAN-PT untuk melaksanakan visitasi dan evaluasi untuk yang pertamakalinya.

Bertempat di Gedung Thomas Aquinas lantai empat, visitasi yang diawali dengan presentasi dari Direktur Program Pascasarjana Dr. Ir. A. Rudyanto Soesilo, MSA di hadapan Asesor pada prinsipnya adalah memberikan kewenangan untuk membentuk kekhasan dari masing-masing progdi dengan berpijak pada idealisme yang dikembangkan dan terinspirasi oleh patron Unika, yaitu Mgr. Albertus Soegijapranata, SJ;  Dari sisi nilai-nilai patriotismenya maupun beliau sebagai Imam Katolik yang selalu berpihak pada masyarakat kecil.

Untuk menjaga stabilitas mutu dan koordinasi Badan Pertimbangan Akademik yang beranggotakan Wakil Rektor bidang Akademik dan para Dekan Fakultas akan selalu mengkaji dan memberi masukan kepada Direktur Program Pascasarja Unika Soegijapranata dalam pengembangan dan menilai kebutuhan pasar kerja dan keunggulan almunus Program Pascasajana Unika Soegijapranata.

Program Magister Teknologi Pangan secara aktif mewujudkan keunggulan mutu dan keamanan pangan di Indonesia melalui penelitian dan pengembangan bahan dasar pangan yang berorientasi pada keperluan industri, birokrasi dan konsumen pangan.  Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati Rahayu, MS dari UGM dan Dr. Ir. Sugiyono., MA.PPSC dari IPB bertindak sebagai Asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT untuk melakukan visitasi dan evaluasi pada progdi tersebut. Gayung bersambut, data yang disajikan meliputi kurikulum kombinasi penyampaian teori, mini projects, studi kasus dan presentasi tesis serta sarana pendukung tak luput dari pengamatan asesor, untuk menuju kesempurnaan.

Pada saat yang bersamaan Program Magister Lingkungan dan Perkoltaan (PMLP) di bawah koordinasi tim asesor Prof. Dr. Ir. Asep Sapei dari IPB dan Dr. Ir. Tri Padmi dari BAN-PT, ketua program studi  yang didampingi oleh tim dosen menyampaikan presentasi dan di evaluasi oleh tim Asesor. Program Magister Lingkungan dan Perkotaan yang berdiri sejak Juli 2002 secara konsisten memposisikan diri di bidang kajian lingkungan dan perkotaan. Pendekatan holistik terhadap prospek keilmuan tersebut memang saat ini sangat terbatas peminatnya.

 

 

Oleh sebab itu kepedulian yang mendalam dari PMLP, yang bercita-cita ingin mengembangkan dana abadi guna pembiayaan bagi mereka yang ingin kuliah tetapi tidak ada biaya. Hal ini adalah bentuk upayan merawat idealisme. Dari perjalanan program studi ini, Wijanto menyampaikan usaha “ngamen” dengan menyelenggarakan konferensi internasional menawarkan beberapa pandangan yang berkaitan dengan studi lingkungan perkotaan yang disinyalir problematikan perkotaan ikut berkontribusi pada kemiskinan dan pencemaran lingkungan, mendapat tanggapan dari kelompok akademika di luar negeri.

Pada tahun 2012 ini, PMLP mendapat sejumlah dana dari United Board for Christian Higher Education in Asia dan sejumlah dana yang disisihkan dari hasil proyek penelitian yang akan disalurkan pada calon mahasiswa. Beberapa calon mahasiswa yang telah mendaftar pada PMLP dengan fasilitas beasiswa penuh saat ini sedang pada tahap seleksi, untuk tahun ajaran mendatang.

Harapan kedepan perolehan akreditasi, akan melengkapi upaya akademis dan menjawab kebutuhan masyarakat terhadap keunggulan yang bertumpu pada idealisme sebagai pengejawantahan visi dan misi pascasarjana Unika Soegijapranata. (juang saksono)

 

Tim Bayangan behind the scene

Behind theScene


    Sintak | Mail Unika | Library | Guest Book | Privacy Policy